Pusat Informasi dan Publikasi Mata Pelajaran Informatika MAN 3 Majalengka

Saturday, December 12, 2020

Gedung Asrama SBSN 2019 Pemacu Prestasi MAN 3 Majalengka

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Majalengka berdiri sejak tahun 1997 sebagai “bungsu” dari dua MAN lainnya di Kabupaten Majalengka. Sebagai bungsu, MAN 3 Majalengka harus bekerja lebih keras untuk bisa meningkatkan akses dan mutu pendidikannya. Pada tahun 2019 alhamdulillah MAN 3 Majalengka mendapat anugerah yang luar biasa dari Kementerian Agama RI melalui Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis berupa bantuan pembangunan Gedung Asrama Siswa Terpadu dengan denah pembiayaan dari dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Kehadiran gedung asrama yang megah ini membawa semangat baru bagi seluruh civitas akademik MAN 3 Majalengka untuk bekerja dan berusaha lebih keras dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah. MAN 3 Majalengka terus berjuang mewujudkan MAN Unggulan Berasrama dengan program-program unggulan keterampilan dan keagamaan. Program keterampilan meliputi tata busana, tata boga dan multimedia. Sedangkan program keagamaan meliputi tahfidzul Qur'an, kaligrafi, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.


Peningkatan akses dan mutu pendidikan yg dicapai oleh MAN 3 Majalengka setelah memiliki gedung asrama tersebut di antaranya:

1. Peningkatan secara signifikan pada jumlah pendaftar PPDB tahun 2020/2021. 

2. Juara Harapan 1 Pramuka tingkat Nasional.

3. Best Event Lounching Go Digital Center and Workshop tingkat Nasional.

4. Juara II LKBB WUKUF Nasional 3.0. 

5. Pada tahun 2020 ini ikut berpartisipasi dlm berbagai lomba tingkat nasional yang belum pernah diikuti pada tahun-tahun sebelumnya seperti Lomba Syiar Anak Negeri, Lomba Madrasah Vlog Competition, Lomba Akademi Madrasah Digital, mengirimkan 4 karya pada lomba Madrasah Young Research.

6. Pada tahun 2020 juga MAN 3 Majalengka mengikutsertakan dua tim robotik pada Lomba Madrasah Robotics Competition (MRC). Keikutsertaan MAN 3 Majalengka ini adalah untuk pertama kalinya, namun alhamdulilah kedua tim tersebut lolos 30 besar MRC 2020 dan bersiap mengikuti tahap berikutnya yaitu Semifinal MRC 2020 yang akan memperebutkan posisi 9 besar pada tanggal 14 Desember 2020 dan selanjutnya semoga melaju ke Babak Final. Kedua tim tersebut adalah TechnoSquad 1 untuk kategori Maze Solving dan TechnoSquad 2 untuk kategori Line Follower Analog dalam bimbingan Lilis Juwita, S.Kom yang merupakan Guru Informatika MAN 3 Majalengka.

Seluruh civitas akademik MAN 3 Majalengka di bawah kepemimpinan ibu Dr. Hj. Euis Damayanti, M.P.Kim. akan terus bekerja keras dengan bersemangat untuk selalu meraih prestasi, baik dalam bidang akademik, agama, seni, olah raga, teknologi dan lainnya demi tercapainya Madrasah Hebat Bermartabat berkelas dunia.

No comments:

Post a Comment